Jawaban dari "apa perbedaan angin muson (barat&timur) dengan el-nino, el-nina?"

Jika sobat lagi berusaha menemukan jawaban atas soal apa perbedaan angin muson (barat&timur) dengan el-nino, el-nina?, maka anda sudah ada di web yang tepat.

Kami punya 1 jawaban mengenai apa perbedaan angin muson (barat&timur) dengan el-nino, el-nina?. Monggo pelajari jawaban selanjutnya di bawah:

Apa Perbedaan Angin Muson (barat&timur) Dengan El-nino, El-nina?

Jawaban: #1: Secara umum kondisi musim yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh fenomena iklim global antaranya El Nino, La Nina atau Dipole Mode dan fenomena iklim regional seperti sirkulasi Monsun Asia-Australia. Wilayah ekuator pada umumnya merupakan wilayah pusat tekanan rendah atau lebih dikenal dengan wilayah siklon. Wilayah siklon merupakan wilayah tempat berkembangnya awan-awan konvektif yang menjadi sumber pertumbuhan badai dan cuaca buruk lainnya. Wilayah ini lebih dikenal dengan nama Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ). Wilayah ini terletak antara lintang 5° sampai 23° baik utara maupun selatan.


a.       Angin muson barat Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober - Februari. Hal ini dikarenakan pada 23 September sampai dengan 21 Maret, matahari tepat berada di bumi selatan sampai pada garis lintang 23,5° LS tepat pada 22 Desember. Letak matahari tersebut menyebabkan intensitas penyinaran matahari di benua Australia lebih tinggi daripada di Benua Asia sehingga suhu udara di Australia maksimum dan di Asia minimum. Dengan demikian, tekanan udara di Asia menjadi tinggi dan di Australia menjadi rendah, karena angin selalu bertiup dari tekanan udara yang tinggi ke tekanan udara yang rendah maka bertiuplah dari Asia ke Australia melalui Indonesia. Angin ini melalui Lautan Teduh (Hindia) dan Samudera Pasifik yang luas, sehingga angin ini mengandung banyak uap air. Akhirnya, terjadilah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. b.      Angin muson timur Angin ini disebut juga angin muson tenggara dan bertiup pada bulan April sampai dengan Agustus. Hal ini karena mulai 21 Maret sampai 23 September kedudukan matahari tepat berada di utara sampai garis lintang 23,5° LU pada 21 Juni. Intensitas sinar matahari lebih tinggi di Benua Asia daripada di Benua Australia. Akibatnya, di Asia tekanan udara rendah dan di Australia tekanan udaranya tinggi. Akhirnya, bertiuplah angin dari Australia menuju Asia. Karena melewati stepa dan sabana (padang rumput) yang luas, angin ini tidak membawa uap air sehingga sebagian wilayah Indonesia mengalami musim kemarau. Pada pertengahan oktober dan april baiasanya arah angin tidak jelas arahnya sehingga pada masa tersebut musim di indonesia menjadi tidak menentu. Adapun musim tersebut dinamakan musim pancaroba Muson terjadi karena daratan menghangat dan menyejuk lebih cepat daripada air. Hal ini menyebabkan suhu di darat lebih panas daripada di laut pada musim panas. Udara panas di darat biasanya berkembang naik, menciptakan daerah bertekanan rendah. Ini menciptakan sebuah angin yang sangat konstan yang bertiup ke arah daratan. Curah hujan yang terkait disebabkan udara laut yang lembap yang dialihkan ke arah pegunungan, yang kemudian menyebabkan pendinginan, dan lalu pengembunan.
25 Padres que se dejan disfrazar y maquillar por sus hijas

25 padres que se dejan disfrazar y maquillar por sus hijas. Hijas daddys ayah filhas agradar pais megacurioso maravilhosos disfrazar maquillar dejan infancia gemas kedekatan perempuannya coisa qualquer increíble

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban dari "Antonio meminjam uang Rp50.000.000 untuk 8 bulan dari Anita dan dikenakan tingkat diskon 16%. Hitung..."

Jawaban dari "banyak cara mengambil kartu club bernomor ganjil (tanpa dikembalikan) kemudian club bernomor prima.​"

Jawaban dari "Pak danang mempekerjakan tukang untuk memperbaiki rumahnya.Upah tukang berbanding upah asisten tukan..."